Jumat, 14 Juni 2013

Puter Geni;sebuah eksistensi masa lamapau







Gagah;sorot mata tajam, menandakan sikap yang sigap akan bahaya dan ancaman.
Bukan tanpa alasan saya unggah gambar photo puter geni ini, sebuah mahakarya sang pencipta. burung yang dekat dengan masyarakat jawa ini adalah sebuah bukti eksistensi betapa beharganya burung yang satu ini. betapa perannya ikut serta dalam catatan sejarah peradaban bangsa ini.
dahulu burung dari keluarga merpati merpatian ini digunakan oleh para senopati dan prajurit prajurit mataram kuno maupun majapahit untuk memberikan tanda maupun dijadikan kode sandi para telik sandi jaman tersebut. mereka biasa menggunakan dan menirukan suara burung derrkuku dan puter untuk menandai para mata mata untuk segera beraksi;menjauh maupun datang, sebagai aba-aba penyerangan,penyergapan dan penyusupan ke dalam kantong kantong musuh, aba aba dengan menirukan suara burung puter ini. biasanya setiap kode diberikan untuk menandai aksi aksi tertentu seperti yang telah dijelaskan di atas.




merpati pos juga ikut andil dalam hal penyebaran informasi dunia telik sandi masa itu. alat media jejaring sosial sederhana itu mampu membawa jalur korespondensi antar pasukan dan markas mereka. mampu mengirim pesan jarak jauh yang penting dan vital. selain merpati biasanya para telik sandi dibekali juga dengan burung elang jawa, burung elang sama halnya dengan merpati mereka mampu dilatih untuk mengirimkan pesan. karena burung burung tersebut mempunyai sifat untuk mengenali dan kembali ke sarangnya.
burung burung dari keluarga merpati merpatian juga dipercaya oleh sebagian besar masyarakat jawa mempunyai daya linuwih yang bersifat magis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar